Breaking

LightBlog

Sunday, December 16, 2018

Belajar VB.NET untuk Dasar Pemula NEWbie


Untuk agan-agan yang ke pengen belajar vb.net untuk pemula atau dasar Gratis maka agan tidak salah untuk mengunjungi blog kami karna kami akan memberikan informasi seputar vb.net dengan sedikit demi sedikit tapi pasti .


Untuk awal kita harus tau dulu klik pada Apa Itu Visual Basic nah kan kalau udh tau vb.net jadi gampang oke kita lanjut ..

*Materi yang Akan Dibahas:

  1. Pengenalan tipe data & variabel
  2. Input & Output
  3. Message Box & Comand Button
  4. Struktur Program & Flow Chart

1. Pengenalan Tipe data & variable

- Awalan Penanaman variebel

Buat kode yang konsisten untuk menjadikan kode program mudah di baca dan di pahami
contoh untuk 1 variable string:
Dim Str As String
contoh untuk 2 variable string atau lebih :
Dim strNama As StringDim strAlamat As String
- Ruang Lingkup Variabel 

Apabila variabel-variabel anda hanya diperlukan oleh suatu method (prosedur/fungsi), sebaiknya deklarasikan di level
Local. Teknik ini terkait erat dengan performa aplikasi, dimana variabel local akan lebih cepat di eksekusi disbanding variabel global.

Konkatenasi dan Multiline
Pada saat anda ingin menghubungkan string, gunakan operator konkatenasi (&). Adapun jika konkatenasi melibatkan baris baru, sebaiknya manfaatkan karakter garis bawah (Underscore)
CONTOH :
‘ Hello Indonesia adalah satu bagianstrData = “Hello” & _“Indonesia”‘ strA dan strB adalah dua bagianDim strA As stringstrB As string

- Definisi tipe data
Anda pasti pernah menemui kode program Visual Basic (VB) yang mendefinisikan suatu tipe data menggunakan akhiran karakter tertentu, seperti $, %, dan sebagainya. Pendekatan yang juga disebut definisi tipe data secara implicit ini umumnya dilakukan untuk mempercepat eksekusi kode, berikut ini symbol (karakter ) yang dapat digunakan sebagai akhiran nama variabel untuk merepresentasikan tipe data. 



Perlu di perhatikan, bagian ini tidak bermaksud menyarankan anda untuk menggunakan pendekatan di atas, namun hanya sekedar memperlihatkan bagaimana implementasi secara implicit. Bagaimanapun juga, pendekatan definisi seperti ini seringkali membingungkan , terutama bagi yang belum memahami makna karakter terkait


- Verifikasi tipe data 
Pada saat akan melakukan operasi terhadap suatu variabel terkadang kita ingin memeriksa tipe datanya terlebih dahulu. Untuk memudahkan verifikasi ini, kita bisa menambahkan method-method yang tersedia. 
contoh : 
Pernyataan kondisionalDalam melakukan analisis dua kasus , anda tidak bisa meringkas penulisan kode program dengan memanfaatkan method if
Dim bStatus As BooleanDim intResult As integer
‘ Pendekatan if (satandart)If bStatus thenintResult = 1elseintResult = 0End ifPrint intResult
‘ Pendekatan ifintResult = if(bStatus, 1, 0)Print intResult
Namun perlu diperhatikan , eksekusi method If cenderung lebih lambat dibanding pernyataan kondisional If

Oke sekian dulu artikel kami Belajar VB.NET untuk pemula atau dasar PART I semoga bermanfaat lain waktu saya akan memberikan tutorial untuk Part II 

No comments:

Post a Comment

Adbox